Sunday, March 4, 2007

Nokia 5210



Rating : 4 (22 suara)

Estimasi harga : Rp. 1.530.000,-

92 gr, 105.5 x 22.5 x 47.5 (tinggi - lebar - tebal dalam mm)


Nokia mengawali desain ponsel dengan Xpress-on sekitar empat tahun lalu melalui Nokia 5110. Casing depan dapat digonta-ganti sesuai dengan mood atau diserasikan dengan pakaian yang dikenakan. Kehadirannya begitu fenomenal hingga mendapat julukan ponsel sejuta umat. Hingga saat ini belum ada yang mengalahkannya. Bahkan kehadiran Nokia seri 3310 denagn casing yang dapat diganti bagian depan dan belakang tidak dapat menggantikan posisi 5110 menjadi pemicu trend baru di dunia ponsel. Tak ayal, para vendor alin pun banyak yang mengekor.Kini, Nokia mencoba meluncurkan kembali express-on cover gaya baru. Cover burned orange standar dari Nokia 5210 dapat diganti bagian atas maupun bawahnya, disesuaiakan dengan penampilan. Mau berbeda atas dan bawah juga bisa. Setidaknya Anda dapat mendapatkan lebih dari enam kombinasi dari tiga warna yang disediakan oleh Nokia. Yakni thirsty blue, wave blue, flushed yellow dan weathered green. Atas bawah bisa saja berbeda. Desain seperti ini baru pertama kali dihadirkan oleh Nokia. Saat penggantian cover, tidak perlu mematikan ponsel. Jadi pancaran pastel orange di layar tetap menantang.Nokia meluncurkan seri 5210 ini mengisi pasar konsumen yang senang dengan kegiatan luar ruangan tetapi sangat memperhatikan penampilan. Kekerasan dan kelembutan dipadukan secara harmonis dalam produk ini. Bentuknya pun tidak terlalu besar (105,5 x 47,5 x 22,5 mm) dan beratnya masih lebih ringan dibandingkan dengan Nokia 3350 (92 gram).Kekerasan pada Nokia 5210 ini diwakili dengan tameng-tameng pelindung dibalik x-press on cover hingga butiran debu, guncangan dan percikan air tidak mudah menyusup. Tapi jangan dibandingkan dengan Nokia 6250 karena ponsel in selain dust resisitant juga lebih tahan terhadap guncangan dan air. Lihat saja, ponsel yang berbadan besar itu mampu bertahan dikedalam 0,5 meter selama satu menit.Walau demikian, banyak juga fitur yang dimiliki oleh Nokia 6250 terdapat di Nokia 5210. Sebut saja seperti stopwatch, countdown timer dengan pilihan restart dan interval timer sebagai pelengkap saat latihan. Jika Anda dalam keseharian sering memerlukan informasi suhu, maka ada fasilitas termometer. Minimal, suhu ruangan dapat dipantau terus menerus.
SMILEY
Selain desain yang baru, Nokia 5210 ini juga menawarkan fitur baru yakni picture editor. Dengan menggunakan fasilitas ini maka Anda dapat membuat gambar-gambar sendiri atau mendownload. Gambar yang ada pun dapat dibuat baru denagn mengedit serta memberi warna baru. Sayangnya, karena ponsel ini belum memiliki berwarna maka variasi yang diberikan baru hitam dan putih saja. Karya baru Anda pun dapat disimpan pada enam tempat yang disediakan.Apalagi hnaya untuk kirim SMS, Nokia 5210 bisa menyalurkan pesan sebanyak 459 karakter dalam sekali kirim, tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan SMS biasa. Memang tidak sebanyak Motorola T190 yang dapat mengirimkan SMS hingga 765 karakter. Tapi jangan salah, tetap saja biaya yang dikenakan untuk tiga kali SMS. Nokia 5210 seperti juga seri 3350 memiliki chat messaging.Nokia 5210 ini juga menyediakan fasilitas penyimpanan pesan singkat yang sering digunakan atau smiley. Dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula dengan pictures message, selain 10 gambar yang ada , dapat diinput gambar baru dan sediakan sebuah tempat. Namun, tetap saja, beberapa gambar yang sudah ada dapat digonta-ganti. Jadi koleksi Anda tidak monoton.
MOBILE CLUB
Ponsel dengan fasilitas WAP memang memiliki nilai lebih. Namun, jika tidak dibarengi dengan aplikasi yang menunjang, fasilitas in percuma saja. Nah, agar banyak dimanfaatkan oelh para penggunanya, Nokia membuta sebuah komunitas yang namanya Mobile Club. Langkah seperti inipun sudah dilakukan oleh vendor lain seperti Siemens dan Ericsson.Dengan demikian WAP versi 1.1 yang berada di Nokia 5210 dapat dimaksimalkan. Apakah itu untuk mendownload ringing tones, graphics dan animasi logo operator maupun games. Jika sudah bosan dengan koleksi didalam ponsel maka dengan mudah mendownload yang baru.Misalnya, lima games yang terdapat di dalam handset sudah tidak menantang lagi, masuk saja ke www.nokia-club.com dan Anda dapat bermain Snake II, Space Impact, Pairis II, Bumber serta Bantuni denagn tahapan lebih advanced lagi. Amu adu skor dengan anggota Nokia Club juga bisa. Sedangkan untuk nada dering, Nokia 5210 menyediakan 35 nada dan 7 tempat kosong yang dapat diisi dengan nada dering favorit Anda. Apakah download melalui website atau mencipta sendiri.Asyiknya, Nokia 5210 ini juga memiliki kemampuan untuk menyimpan Agenda kegiatan dalam fitur calender. Setidaknya 100 catatan penting dapat diinput kedalam ponsel plus ikon menarik. Jadi saat Anda meeting atau ulang tahun temen dekat ikon itu kan muncul berikut alarm pengingatnya. Kegiatan penting Anda pun tidak akan terlewatkan . Plus memory phonebook dari ponsel ini juga lumayan. Ada sekitar 250 tempat yang disediakan dan setiap nama dapat dimasukan 20 karakter serta 30 digit nomer telepon.

Sumber : T&t, Edisi 05/II, Maret 2002

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home