Sunday, March 4, 2007

Nokia 3610



Rating : 4 (16 suara)Estimasi harga : Rp. 1.275.000,-

92 gr, 105 x 22 x 45 (tinggi - lebar - tebal dalam mm)
Nokia kembali akan mengguyur produk low end. Setelah 3510 mulai beredar di pasar black market, kini kita disodori Nokia 3610. Gerojokan ponsel kelas bawah ini kiranya menjadi strategio Nokia untuk mengambil perhatian pasar yang mulai terkseima dengan hadirnya produsen-produsen Asia plus Sony Ericsson yang mulai unjuk gigi.Padahal, di pasar seri tiga yang terdahulu kurang sukses. Seri 3330 dan 3315 tidak dilirik konsumen. Pembeli justru masih merindukan kehadiran 3310. Walaupun produk lama (2001) tetapi gregetnya masih terasa. Apalagi, harga jual dari produk ini sangat terjangkau. Harganya berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 900 ribu saja. Tentu bagi pengguna pemula sangat menggiurkan. Enggak kalah gaya, untuk ukuran kantong. Terbukti, setiap ada Nokia 3310 pasti dalam sekejap dilalap pasar. Bahkan ada juga yang inden. Siapa cepat dia dapat. Rupanya, Nokia tidak kapok. Pasar yang sudah jenuh dengan produk low end itu tetap di cekoki oleh Nokia 3610 yang baru saja diperkenalkan di Expo Comm Shanghai Juni lalu. Persediaan barang yang masih di dominasi BM itu hanya perlu di tebus dengan harga Rp 1.650.000 saja. Tentu secara langsung akan menohok Nokia 5210 yang juga dilego di kisaran harga tersebut.


RHTYMIC BACKLIGHT

Dilihat dari penampilan, Nokia 3610 masih mempertahankan desain kotak. Namun, casing bolong-bolong merupakan alternatif desain yang belum pernah ada sebelumnya. Memang, jika deretan lobang itu dipadukan dengan warna hijau tosca lumayan cantik. Tapi jika dipadukan dengan warna krem coklat susu kurang menarik dilihat.Ponsel ini oleh Nokia ditujukan bagi para pengguna ponsel yang berjiwa muda. Tidak terlalu mementingkan komunikasi data level tinggi. Maklum belum di support GPRS seperti yang sedang trend saat ini. Aplikasi-aplikasi berbasis Java juga tidak mungkin diadposi karena tidak javaenable. Yang menarik dari ponsel ini adalah fitur Rhythim Backflight. Setiap ada panggilan masuk maka seluruh ponsel akan menyala mengikuti irama nada dering. Begitu juga saat mencoba ringtone. Otomatis sinar lampu menyorot panjang pendek. Mirip dengan lampu disco. Untuk urusan entertainmen, Nokia 3610 banyak yang baru. Misalnya, jika sedang tidak digunakan maka akan muncul animasi tiga dimensi. Begitupun kalau sedang bete, tinggal plototin ponsel. Hati gundah gulana sirna. Untung ada internet yang memungkinkan mendapatkan animasi yang menarik tanpa perlu buat sendiri. Tinggal download saja dan pindahkan ke ponsel via kabel. Sayang, karena belum di support oleh GPRS, koneksi dengan dunia maya yang tidak terbatas itu menjadi lebih lambat, mahal dan rasanya menjadi tidak efisien lagi. Nokia 3610 memiliki WAP versi 1.1 via CSD.Saat senggang, Nokia 3610 enak dijadikan teman setia. Bisa dioprek habis dan berkreasi lewat picture editor dan kirim ke rekan lain melalui EMS (Enhanced Message Service). Mungkin saat kekkasih ulang tahun, anda tidak perlu kirim bunga mawar merah segar. Cukup dengan kirim pesan bergambar, mawar merah buatan sendiri dan rangkaian kata-kata mesra. Romantis banget.Ingin main game juga oke. Ada enam permainan ala Nokia yang disediakan: Dance 2 Music, Link5, Magis Draw, Space Impact, Snake II and Bumper. Memang tidak ada game baru semuanya sudah pernah ada pada ponsle Nokia seri terdahulu.


LOCAL LANGUAGE

Jika ponsel sudah tidak berada di boxnya, pasti akan sulit membedakan antara ponsel bergaransi atau itdak (BM). Kecuali membuka sisi belakang ponsel. Dibawah baterai akan terlihat hologram yang menunjukkan produk itu BM atau bukan. Nah, biasanya Nokia memberikan kemudahan. Tinggal buka saja menu language atau bahasa. Kalau ada bahasa Indonesia, rasanya sudah ada jaminan bahwa ponsel itu, minimal software di dalamnya bergaransi, Nokia Indonesia. Sedangkan yang tidak ada, bisa dikatakan produk itu masuk lewat jalur ilegal. Langkah ini, biasa dilakukan oleh Nokia, karena untuk setiap negara di mana produknya didistribusikan akan diinput software dengan bahasa lokal. Misalnya di Cina maka ada suport bahasa PinYin. Bahkan sampai fasilitas text predictive input atau lebih dikenal T9 juga mengadopsi bahasa di sana. Kirim pesan sedikit panjang juga menjadi tidak repot. Itu bagi yang sudah biasa. Jika tidak ya, manual lebih enak.Saat ada pesan singkat yang masuk, suara yang dilontarkan dapat diatur. Sesuaikan dengan keinginan anda. Tidaj hanya bip saja. Begitu juga saat ada panggilan masuk. Nokia menyediakan alternatif 20 nada standart. Ingin download dari club-nokia.com juga tidak masalah karena ada 15 tempat kosong yang disediakan. Selain itu juga disediakan fasilitas standar seperti alarm, stopwatch, countdown dan 500 tempat untuk menyimpan nomor-nomor penting anda. Termasuk juga fasilitas conference call yang memungkinkan berkomunikasi dengan maksimal 5 orang. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan baterai Lithium ion 750 mAh. Kekuatan standby time-nya mencapai 170 jam dan 50 menit untuk pembicaraan aktif. Jika aktif digunakan untuk bermain game tentu kekuatannya akan cepat berkurang. Ada baiknya anda mempersiapkan charger khusus di kendaraan. Jadi tidak perlu khawatir kehilangan kontak karena ponsel membisu kehabisan tenaga.

Sumber : Selular, Edisi 10/II, Agustus 2002

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home