Sunday, March 4, 2007

Nokia 2300



Rating : Belum ada rating

Estimasi harga : Rp. 1.075.000,-


Hitam Putih Buat Pemula

Ditengah majunya teknologi ponsel layar warna, Nokia malah mecoba mundur selangkah dengan memperkenalkan kembali produk terbarunya berlayar hitam putih. Langkah ini ditempuh bukan bermaksud latah tetapi sepertinya berusaha merangkul kaum bawah yang belum menikmati teknologi selular.
Pada kenyataannya memang masih banyak masyarakat yang belum bisa menyentuhnya, apalagi menikmatinya. Maklum bagi sebagian masyarakat ponsel masih menjadi barang mewah. Untuk merangkul kelompok pemula atau kalangan bawah ini, Nokia meluncurkan seri 2300.
Target pasar yang dibidik Nokia kali ini lebih ditujukan bagi pengguna ponsel pemula dan masyarakat yang berdomisili di India, Indonesia, China dan lainnya. Lebih spesifik lagi, vendor asal Finlandia ini ingin menarik hati para remaja yang ingin tampil trendi namun memiliki daya beli yang terbatas. Tentu saja tidak banyak fitur yang bisa diharapkan lebih banyak dari seri 2300. Satu-satunya yang masih dibanggakan yakni kehadiran fitur FM Radio. Maklum, fitur ini umumnya dimiliki ponsel-ponsel satu kelas di atasnya.
Tampilan
Nokia 2300 tampil lumayan besar dan berat. Dimensi 10 x 46 x 20 mm dan berbobot 92 gram. Dengan resolusi 96 x 65 pixels dan mampu menampilkan 4 baris teks sehingga memudahkan pengguna dalam membaca pesan yang masuk. Hadir dengan jajaran keypad yang besar-besar menjadi ciri khas ponsel ini.
Pun corak warna warninya membedakan penampilannya dengan keypad-keypad ponsel pada umumnya. Begitu pun dengan kehadiran tombol scroll 4 arahnya akan membantu dalam mengaplikasikan ponsle ini secara maksimal.
Di desain dengan memaksimalkan fungsi yang tersedia. Seperti menggabungkan 2 fungsi dalam satu tombol seperti pada seri pendahulunya 3200. Perpaduan tombol angka 1 dan 4, 2 dan 5, 3 dan 6 menjadikannya sangat efisien dan terkesan tidak boros tombol dan over variasi. Sebagai ponsel untuk pemula, tampilan secara fisik maupun kandungan fiturnya memang sederhana.
Namun begitu bukan berarti sama sekali mengabaikan tampilan. Setidaknya seri 2300 ini masih bisa digunakan untuk tampilan gaya. Kemampuannya menyimpan pesan cukup banyak sekitar 50 pesan. Juga ditunjang nada dering polifonik dan ringtone composer monophonik cukup membuat penggunanya tampil beda dengan beragam pilihan nada. Belum lagi aktifitas dari screen saver yang tampil dalam bentuk animasi akan menambah kental tampilan personalisasi penggunanya.
Fitur
Beberapa fitur yang dimiliki Nokia 2300 antara lain FM Radio, nada dering polifonik, SMS, games (dua pilihan), reminder function automatic keygguard, alarm, stopwatch dan countdown timer, dan lain-lain. Ditunjang dengan layar monochrome berlampu hitam putih ini membuat kesan ponsel ini murah nyaris tidak kentara. Sayangnya, kapasitas memori yang terbatas menjadi salah satu kekurangan yang sangat kentara dan menonjol. Padahal kapasitas penyimpanan nomor telepon merupakan salah satu pertimbangan seseorang untuk menjatuhkan sebuah pilihan pada sebuah ponsel. Hanya mampu menyimpan nomor telepon sama dengan pendahulunya seri 1100 sebesar 50 buah merupakan keterbatasan ponsel yang satu ini.
Untuk masuk pada pilihan menu, tombol yang berada di bagian atas merupakan tombol penuntunnya. Dengan menekan tombol tersebut dan kemudaian menekan tombol empat arahnya ke atas dan ke bawah akan menyuguhkan berbagai pilihan menu yang memiliki fungsi standar sebagaimana ponsel-ponsel nokia lainnya.
Mengaktifkan radio FM nya dan memilih stasiun radio kebanggaan anda mesti menggunakan handsfree. Tanpa peralatan tersebut aktifitas radio tidak akan maksimal. Setelah masuk pada menu radio, anda akan dihadapkan pada pilihan menu gelombang frekwensi sudah dipilih dan suara yang terdengar sudah sempurna makan dapat disimpan pada menu yang sama dengan nama yang dikehendaki.
Nada dering polifonik yang dibenamkan pada ponsel ini sangat unik. Bahkan cenderung berbeda dengan nada dering polifonik ponsel-ponsel lainnya. Maklum saja ponsel ini masih menggunakan nada dering polifonik yang rendah sebesar 4 port. Sehingga hanya sebuah alat musik saja yang dapat didengar. Mirip seperti alat musik tradisional “angklung”.Sebagaimana ponsel-ponsel low end keluaran Nokia lainnya, seri 2300 ini pun memiliki keypad yang dapat dikunci dengan kode pengaman. Sehingga ponsel anda akan aman dari jermahan tangan-tangan usil .
Performa
Nokia 2300 secara umum tampil cukup baik. Radio FM yang menjadi kebanggaan ponsel ini berfungsi sempurna dan tidak ada kendala. Pun saat menerima panggilan dan melakukan panggilan tidak menemui kendala yang signitifikan. Sekedar mendengar radio atau bertelepon dan SMS ponsel ini cukup baik. Saat Selular melakukan panggilan, suara yang terdengar cukup jernih dan tidak ada kendala yang berarti. Juga saat melakukan pengiriman SMS, proses pengirimannya pun tidak ada hambatan. Sayangnya, anda tidak bisa berharap banyak untuk memaksimalkan transfer data tanpa kabel. Baik infrared apalagi bluetooth tidak dimiliki ponsel ini. Sehingga untuk melakukan transfer data mesti menggunakan kabel data yang langsung dihubungkan via PC.
Kekuatan dan daya tahan baterai yang dimiliki Nokia 2300 bisa diandalkan. Dibekali dengan baterai lithium berkapasitas 850 mAh ponsel ini mampu digunakan bicara nonstop hingga 4 jam dan memiliki waktu siaga mencapai 400 jam. Bercover yang dapat digonta ganti dengan berbagai pilihan warna menjadi nilai lebih penampilan ini.
Selain vendor resmi yang menyediakan covernya, sebagaimana biasa pusat penjualan ponsel dan diikuti oleh outlet-outlet ponsel yang ada di seluruh pelosok tanah air siap menyediakan berbagai pilihan cover pemanis tampilan luar.
Sumber: Selular, No. 47, Februari 2004

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home